Meningkatkan Dan Menstabilkan Sinyal Modem Wireles

Meningkatkan Dan Menstabilkan Sinyal Modem Wireles itulah topik kali ini. Kali ini akan membahas bagaimana Cara Meningkatkan dan menstabilkan Sinyaal modem wireles. 
Memang pada saat ini hampir semua operator telepon selular di negeri ini menyediakan  layanan internet,  kita tinggal memilih operator mana yang kita mau.. .
Tentunya kita semua ingin mempunyai koneksi internet yang memadai, namun apa dikata jika signal dari ISP yang kita percayai mengalami down…otomatis kecepatan upload/download pasti akan menurun. Ada satu hal tentang wireless connection yang dapat saya percayai yaitu semakin kuat signal yang dikirim/diterima dari sebuah modem, maka kecepatan transfer datanya akan semakin cepat dan tidak mengalami yang namanya “loss data” dikarenakan interferensi ataupun lemahnya signal suatu wireless.
Sudah banyak cara saya gunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet saya agar dapat mencapai kecepatan maksimal yang diberikan oleh ISP, namun menurut saya cara2 tersebut masih kurang efektif dan perubahan yang diberikan pun relatif kecil.
diantaranya yang saya lakukan adalah menempatkan modem jauh di atas, di daerah yang lebih terbuka yaitu di luar rumah, di atap lantai dua.. menjadikan sinyal yang tertangkap  kuat dan stabil, tidak timbul tenggelam lagi.
Cara yang digunakan adalah memperpanjang kabel USB modemnya.. hingga 12(dua belas)meter  (standarnya 1 atau 1,5 meter), ini memang melawan teori yang katanya kabel USB itu maksimal panjangnya sekitar 5 meter. tapi kenyataannya panjangnya ditambah ..BISA. Mungkin ini akan tergantung dari jenis kabel yang digunakan, merk/jenis modem, dan kekuatan power port usb komputernya.

  Bagaimana cara meningkatkan sinyal, dan menyambungnya?, jenis kabel apa yang digunakan?

1. Siapkan kabel USB standar (kabel USB ke modem) yang berkualitas baik.
2. Siapkan kabel UTP (Unshielded twisted pair, adalah kabel standar untuk koneksi jaringan komputer LAN), cat 5 atau cat 6 lebih baik,  panjang disesuaikan misal 12 meter dulu (12 m belum tentu cocok dengan modem anda, nantinya panjangnya mungkin harus  dikurangi)
3. Peralatan untuk penyambungan : Solder, timah, isolasi, gunting / tang pemotong

Cara pengerjaan

1. Potong (bagi dua) kabel USB modem, kemudian kupas masing- masing ujungnya.

    Kabel USB di dalamnya memiliki 4 kabel ditambah 1 ground (kabel ground nantinya tidak digunakan,  karena keterbatasan jumlah isi kabel UTP)


2. Siapkan kabel UTP, kupas kedua ujungnya. kabel UTP memiliki isi 8 kabel di dalamnya. Karena kabel USB berisi 4 kabel, maka kita hanya memerlukan 4  isi kabel UTP, tetapi supaya dapat menambah daya hantar (mengurangi resistansi) setiap dua kabel digandengkan / disatukan, jadi seolah-olah kabel UTP ini berisi 4 kabel.


 

3. Sambungkan kabel USB dengan kabel UTP , perhatikan warna kabel agar jangan  sampai tertukar, solderlah setiap sambungan kemudian beri isolasi.
 Memilih dan menentukan warna kabel UTP bebas, yang penting warna kabel USB di ujung yang satu harus bertemu kembali dengan warna yang sama di ujung yang lain,  kabel USB warna merah harus bertemu kembali dengan kabel berwarna merah , hitam harus bertemu hitam dan seterusnya .. tidak boleh tertukar .. kalau tidak, bisa bisa modem atau port USBnya malah rusak..

4. Agar sambungan antar kabel kuat dan koneksinya bagus, solderlah dengan baik kemudian beri isolasi untuk mencegah konsleting.

 

5. Periksalah sekali lagi, kalau sudah yakin sambungannya benar, baru bisa dicoba, kalau belum yakin jangan dicoba-coba.  karena kalau sambungan tidak benar dapat menyebabkan komputer(port USB) atau modemnya rusak.  kalau masih belum mengerti coba tanyakan atau minta bantuan ke teman yang mengerti tentang elektronik.

6. Kalau sudah benar-benar yakin, silakan coba , nyalakan komputer dan sambungkan modemnya, kalau modem sudah terdeteksi oleh komputer berarti tinggal menempatkan modem di area yang paling bagus untuk menerima sinyal.

Bila belum terdeteksi atau USB malfunction, berarti kabelnya harus dibuat lebih pendek lagi..

6. Setelah modem terbukti berfungsi, kemudian tempatkan modem di daerah yang sekiranya sinyal dari operatornya paling kuat.
 
7. jika ingin sinyalnya lebih kuat lagi bisa dengan menyambungkan modem pada sebuah antena, lalu antena itu ditempelkan pada piringan logam besar seperti para bola. dan di taruh ditengah-tengah piringan itu.seperti gambar ini

Yang harus diperhatikan :

Hati-hati terhadap bahaya petir, kalau sudah cuaca mendung dan kita tidak yakin dengan penangkal petir gedung / rumah kita.. lebih baik turunkan saja

Tempatkan di area yang tidak mendapat sinar matahari langsung.

Hati-hati  juga terhadap hujan.. kalau kena air hujan ya berakhirlah…

Selamat Mencoba….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s